Lung Ambition Alliance diluncurkan dengan tujuan untuk menggandakan kelangsungan hidup selama lima tahun dalam kanker paru-paru pada tahun 2025

Kolaborasi mengutamakan inovasi ilmiah dan perubahan sosial untuk mengeliminasi kanker paru-paru sebagai penyebab kematian


LONDON, July 08, 2019 (GLOBE NEWSWIRE) -- Hari ini, International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC), Guardant Health, Global Lung Cancer Coalition (GLCC), dan AstraZeneca mengumumkan peluncuran Lung Ambition Alliance, sebuah kemitraan baru dengan tekad kuat untuk mengeliminasi kanker paru-paru sebagai penyebab kematian. Tujuan pertama Alliance adalah menggandakan kelangsungan hidup selama lima tahun bagi pasien yang mengidap kanker paru-paru pada tahun 2025.

Setiap 18 detik, satu nyawa hilang akibat kanker paru-paru.1 Pada tahun 2018 saja, sekitar 1,8 juta orang meninggal akibat penyakit ini.1 Empat puluh persen pasien didiagnosis saat kanker telah menyebar ke organ lain dan prognosis mereka telah memburuk.2 Saat ini, hanya satu dari lima pasien kanker paru-paru dapat hidup selama lima tahun setelah didiagnosis.3

Jesme Fox, Sekretaris GLCC, menjelaskan: “Lung Ambition Alliance diciptakan pada saat yang penting bagi kanker paru-paru. Kemajuan sains membuka kemungkinan baru dalam mentransformasi diagnosis, pengobatan, dan manajemen penyakit. Namun masih ada hambatan dalam meningkatkan dan mempercepat perawatan. Sebagai anggota komunitas kanker paru-paru, kami bertanggung jawab untuk bekerja bersama dengan tujuan untuk melakukan advokasi dan menyediakan solusi terbaik bagi pasien.”

Alliance beranggotakan banyak pakar dari beragam bidang ilmu, termasuk penelitian dan pendidikan (IASLC), diagnostik (Guardant Health), advokasi pasien (GLCC), serta penelitian dan pengembangan obat-obatan (AstraZeneca).

Para mitra pendiri telah mengidentifikasi tiga prioritas utama: meningkatkan skrining dan diagnosis yang lebih cepat, menyediakan pengobatan inovatif, serta meningkatkan kualitas perawatan bagi para pengidap kanker paru-paru. Proyek awal yang dijalankan melalui Alliance meliputi:

  1. Early Lung Imaging Confederation (ELIC) merupakan basis data skrining internasional berbasis cloud baru yang dirancang untuk mempercepat peningkatan dalam deteksi multidisiplin dan manajemen kanker paru-paru stadium awal. Proyek ini memanfaatkan bukti yang berkembang bahwa skrining CT dapat menyebabkan penurunan angka kematian.4 Kumpulan gambar dan data tersebut dapat digunakan untuk menciptakan model risiko yang lebih baik, serta alat analisis dan deteksi sekaligus memberikan standar global untuk kualitas data. Pada fase mendatang, kecerdasan buatan (AI) dapat diterapkan untuk lebih meningkatkan keandalan dukungan keputusan klinis dengan skrining CT. Alliance akan berkontribusi dalam pembangunan bank citra untuk proyek milik IASLC yang pertama diuji coba pada akhir tahun 2018, dan akan membantu pengukuran hasil akhir pasien untuk dinilai menggunakan beragam poin dalam perjalanan pasien (termasuk pemindaian awal, pengobatan awal, dan tindak lanjut).

Giorgio Scagliotti, Presiden IASLC, mengatakan: “Skrining yang efektif adalah kunci awal untuk menemukan dan mendiagnosis kanker paru-paru serta penyakit toraks lainnya, yang dapat diterjemahkan menjadi lebih banyak opsi dan kelangsungan hidup yang lebih lama. Namun skrining kurang dimanfaatkan di penjuru dunia dikarenakan beberapa alasan. Penerapan pendekatan pencitraan kualitatif seperti ELIC dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi skrining kanker paru-paru. Platform kami diciptakan untuk menjadi sumber daya global yang penting bagi peneliti dan tim perawat kanker paru-paru untuk mengembangkan pengetahuan mereka. Lung Ambition Alliance memberikan fokus, keahlian, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk lebih mempercepat ekspansi katalog data kami.”

  1. Major Pathologic Response Project adalah kumpulan data dan penelitian uji klinis yang dapat digunakan untuk memvalidasi titik akhir pengganti dan menentukan penanda biologis prediktif, yang dapat memungkinkan penargetan karakteristik tumor yang lebih baik. Proyek ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan pengobatan bertarget yang lebih canggih dan berusaha melakukan intervensi yang lebih awal saat potensi pengobatan yang lebih besar tersedia.5 Alliance membantu dalam pengumpulan data dari grup kooperatif dan pengujian industri farmasi, yang dapat digunakan dengan dinas kesehatan di seluruh dunia saat mendiskusikan data pengujian penting.

AmirAli Talasaz, Presiden dan Chief Operating Officer, Guardant Health mengatakan: “Obat-obatan presisi berhasil meningkatkan prognosis untuk beberapa pasien kanker paru-paru dan memberikan hasil klinis yang lebih baik. Kami percaya bahwa pendekatan obat-obatan presisi dapat menjadi lebih efektif saat digunakan pada fase awal penyakit, atau segera setelah kambuhnya penyakit terdeteksi. Major Pathologic Response Project akan membantu mempercepat perkembangan opsi pengobatan yang berpotensi menyembuhkan, dengan identifikasi titik akhir pengganti yang dapat digunakan untuk mempercepat uji klinis dan pendekatan diagnostik baru – seperti deteksi DNA tumor yang bersirkulasi dalam sampel darah – untuk mengidentifikasi pasien dengan prognosis yang buruk, memungkinkan penilaian rutin respons terapi, dan mendukung pemantauan remisi kanker secara berkelanjutan.”

  1. Initiatives in Lung Cancer Care (ILC2merupakan sebuah panggilan terbuka yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2019, mengundang organisasi pasien lokal dari seluruh penjuru dunia untuk mengembangkan dan mengirimkan proyek uji coba yang berpotensi mentransformasi perawatan pasien dan meningkatkan kelangsungan hidup pada tingkat lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu komunitas kanker paru-paru setempat dalam memanfaatkan praktik multidisiplin terbaik, mendidik pasien tentang pilihan mereka, dan memberikan dukungan bermutu bagi kehidupan pasien selama dan setelah pengobatan. Anggota komite Lung Ambition Alliance akan mengevaluasi dan memilih kiriman yang memenuhi kriteria pemilihan untuk pembiayaan.

Patrick Connor, VP dan Global Franchise Head, Tumor Drivers and Resistance Mechanisms, AstraZeneca, mengungkapkan: “Kanker paru-paru adalah penyakit yang sangat pribadi, dan pendekatan perawatan dapat beragam di seluruh dunia. Untuk mencapai tujuan angka harapan hidup, kami harus mendukung usaha untuk mengatasi hambatan pada tingkat negara serta meningkatkan skrining dan diagnosis awal, membantu pengembangan obat inovatif, dan meningkatkan perawatan berkualitas. Dengan bergabung bersama mitra kami yang memiliki sejumlah jaringan global yang berbeda namun saling melengkapi dalam area kanker paru-paru, kami berada di posisi yang lebih baik untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien.”

Alliance akan mensponsori survei internasional, yang dipimpin oleh Ipsos MORI, guna mengidentifikasi hambatan tingkat lokal yang memerlukan fokus utama. Hasilnya, diharapkan pada musim gugur 2019, akan digunakan untuk lebih jauh menentukan dan membentuk prioritas Lung Ambition Alliance. Informasi tentang survei, dan cara komunitas dapat membagikan perspektif mereka, dapat ditemukan di LungAmbitionAlliance.org. 

Tentang Lung Ambition Alliance

Lung Ambition Alliance adalah sebuah kemitraan unggul dari beragam organisasi yang bersatu untuk mengeliminasi kanker paru-paru sebagai penyebab kematian. Alliance bertujuan untuk mempercepat kemajuan dan memberikan perubahan yang berarti untuk pasien kanker paru-paru dengan memanfaatkan keahlian tiap mitra dan mengutamakan proyek yang bermanfaat dengan potensi untuk meraih tujuan. Para mitra pendiri – International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC), Guardant Health, Global Lung Cancer Coalition (GLCC), dan AstraZeneca – akan menjelajahi dan mengatasi hambatan pada skrining dan diagnosis awal, pengembangan obat inovatif dan perawatan berkualitas, serta mengejar visi ambisius untuk masa depan kanker paru-paru yang dimulai dengan menggandakan angka kelangsungan hidup pada tahun 2025.

Untuk informasi lainnya, kunjungi www.lungambitionalliance.org.

Tentang Para Mitra Pendiri  

  • International Association for the Study of Lung Cancer (IASLC) merupakan satu-satunya organisasi global yang berdedikasi terhadap penelitian kanker paru-paru dan penyakit toraks lainnya, dengan jaringan global lebih dari 6.500 spesialis kanker paru-paru dalam aneka disiplin ilmu di lebih dari 100 negara.

  • Global Lung Cancer Coalition adalah suara internasional bagi pasien kanker paru-paru dan berkomitmen dalam advokasi pasien. 

  • Guardant Health merupakan perusahaan diagnostik inovatif dengan visi untuk memungkinkan deteksi awal melalui akses ke informasi molekuler dalam darah.

  • AstraZeneca adalah perusahaan biofarmasi ilmiah yang fokus pada penemuan, pengembangan, dan komersialisasi obat-obatan resep. 

KONTAK:

Jennifer Corrigan
BursonRx
Jennifer.Corrigan@bursonrx.com
+1-347-366-1444

Emma Barrow
GCI Health
Emma.Barrow@gcihealth.com 
+44-207-300-6114

Mempercepat Kemajuan bagi Pengidap Kanker Paru-Paru.

Referensi
______________________

1 Organisasi Kesehatan Dunia. Lembaga Internasional untuk Riset Kanker. Fact Sheet – Lung Cancer. Tersedia di http://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/cancers/15-Lung-fact-sheet.pdf. Diakses Mei 2019
2 Laporan EpiCast: NSCLC Epidemiology Forecast to 2025. GlobalData. 2016.
3 Cancer.Net. Lung Cancer - Non-Small Cell - Statistics. Tersedia di www.cancer.net/cancer-types/lung-cancer-non-small-cell/statistics. Diakses Mei 2019
4 IASLC. IASLC Successfully Pilots Early Lung Imaging Confederation Project. Tersedia di https://www.iaslc.org/news/iaslc-successfully-pilots-early-lung-imaging-confederation-project-0. Diakses Mei 2019
5 IASLC. IASLC Pathology Committee. Tersedia di https://www.iaslc.org/research-education/iaslc-pathology-committee. Diakses Mei 2019