Japan Coast Guard Memperluas Jangkauan Armada Wave Glider untuk Mengembangkan Observasi Laut


SUNNYVALE, Calif., March 08, 2018 (GLOBE NEWSWIRE) -- Japan Coast Guard (JCG) mengumumkan perluasan jangkauan armada observasi laut tanpa awak Wave Glider ke Distrik Regional ke-9, bermarkas di Niigata, Jepang. Pertumbuhan ini adalah bagian dari program pemantauan laut multitahun JCG untuk memberikan kewaspadaan situasional terhadap gelombang laut, aktivitas ombak, dan cuaca di sepanjang garis pantai Jepang secara real-time dan canggih. Sebelum melakukan perluasan, JCG meluncurkan armada Wave Glider di empat distrik regional, mengukuhkan jaringan observasi laut tanpa awak pertama dalam sejarah Jepang.

Selain memperluas layanan ini hingga ke Distrik Regional ke-9, JCG menerbitkan data lingkungan secara gratis dan real-time untuk industri perikanan dan pariwisata Jepang. Ketersediaan data oseanografi terkini dan historis dari lebih banyak lokasi geografis mampu meningkatkan sudut pandang industri komersial dan pariwisata terhadap pola cuaca dan kondisi laut yang dapat sangat memengaruhi keselamatan dan efisiensi operasi maritim mereka.

“Kami merasa terhormat karena dapat mendukung usaha JCG untuk meningkatkan taraf pemantauan dan keselamatan maritim di penjuru Jepang melalui penggunaan platform observasi laut otonom seperti Wave Glider,” ujar gary Gysin, Presiden dan CEO Liquid Robotics. “Bersama dengan Hydro Systems Development, kami merasa bangga karena dapat mendukung fase pertumbuhan berikutnya dan selalu berkomitmen terhadap kesuksesan mereka.”

Wave Glider adalah cara yang ramah lingkungan dan lebih efektif untuk memperluas sistem observasi laut nasional jika dibandingkan dengan metode tradisional seperti kapal. Dengan memanfaatkan jaringan sistem tanpa awak, JCG mampu memberikan akses terhadap informasi meteorologis dan oseanografi secara berkelanjutan dan real-time dari lautan dengan kondisi di mana kapal pantau tidak dapat beroperasi tanpa menimbulkan risiko terhadap para awaknya.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat mendukung Japan Coast Guard dalam misi mereka untuk meningkatkan pemantauan dan keselamatan lingkungan maritim Jepang,” ungkap Takashi Kitsuda, Presiden Hydro Systems Development. “Kami salut terhadap Liquid Robotics karena dapat jauh melampaui ekspektasi dalam mendukung usaha yang sangat inovatif ini.”

Mengenai Liquid Robotics, Sebuah Perusahaan Boeing:
Liquid Robotics merancang dan memproduksi Wave Glider, robot laut tanpa awak pertama yang menggunakan tenaga ombak dan surya. Bersama para mitra, kami menghadapi beragam tantangan terhebat yang ada di planet ini, dengan mengubah cara menilai, memantau, dan melindungi laut. Kami memecahkan masalah penting untuk pihak pertahanan, komersial, dan sains. Kunjungi www.liquid-robotics.com untuk mempelajari lebih lanjut.

Liquid Robotics dan Wave Glider adalah merek dagang terdaftar Liquid Robotics, Inc., subsider yang sepenuhnya dimiliki oleh The Boeing Company.

Untuk pertanyaan media, hubungi: Joanne Masters di press@liquid-robotics.com.