Baidu Meluncurkan Kunlun, Chip AI Berkinerja Tinggi di Baidu Create 2018

Penyedia mesin pencarian tersebut merilis chip AI cloud ke tepi pertama di Tiongkok untuk pelatihan dan inferensi

Sunnyvale, California, UNITED STATES


BEIJING, July 04, 2018 (GLOBE NEWSWIRE) -- Baidu Inc. (NASDAQ: BIDU) hari ini meluncurkan Kunlun, chip AI cloud ke tepi pertama di Tiongkok, yang dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan kinerja tinggi dari berbagai skenario AI.  Pengumuman tersebut di antaranya chip pelatihan "818-300" dan chip inferensi "818-100".  Kunlun dapat diterapkan pada skenario cloud dan tepi, seperti pusat data, cloud publik, dan kendaraan otonom.

Kunlun adalah solusi berkinerja tinggi dan hemat biaya untuk tuntutan pemrosesan AI yang tinggi.  Chip ini memanfaatkan ekosistem AI Baidu, yang mencakup skenario AI seperti peringkat pencarian dan kerangka kerja pembelajaran mendalam seperti PaddlePaddle.  Pengalaman Baidu dalam mengoptimalkan kinerja layanan dan kerangka kerja AI ini memberikan keahlian kepada perusahaan yang dibutuhkan untuk membangun chip AI kelas dunia.

Pada tahun 2011, Baidu mulai mengembangkan akselerator AI berbasis FPGA untuk pembelajaran mendalam dan mulai menggunakan GPU di pusat data.  Kunlun, yang terdiri dari ribuan inti kecil, memiliki kemampuan komputasi yang hampir 30 kali lebih cepat daripada akselerator berbasis FPGA asli. Spesifikasi penting lainnya termasuk: Rekayasa Samsung 14nm, bandwidth memori 512 GB/detik, serta 260TOPS saat mengonsumsi daya 100 Watt.

Selain mendukung algoritma sumber terbuka dalam pembelajaran umum, chip Kunlun juga dapat mendukung berbagai aplikasi AI, termasuk pengenalan suara, peringkat pencarian, pemrosesan bahasa alami, berkendaraan otonom, dan rekomendasi berskala besar.

Dengan munculnya aplikasi AI yang cepat, kebutuhan yang meningkat secara dramatis akan dibebankan pada daya komputasi.  Chip tradisional membatasi seberapa banyak daya komputasi yang tersedia dan dengan demikian seberapa jauh teknologi AI dapat dipercepat.  Baidu mengembangkan chip ini, yang dirancang khusus untuk beban kerja AI skala besar, sebagai jawaban atas permintaan ini.  Baidu percaya bahwa hal itu akan memungkinkan kemajuan yang signifikan dalam ekosistem AI terbuka.

Baidu berencana untuk terus melakukan penekanan terhadap chip ini, mengembangkannya secara progresif untuk memungkinkan perluasan ekosistem AI terbuka. Sebagai bagian dari ini, Baidu akan terus menciptakan "kekuatan chip" untuk memenuhi kebutuhan berbagai bidang termasuk kendaraan cerdas, perangkat cerdas, pengenalan suara, dan pengenalan gambar.

Tentang Baidu
Baidu, Inc. adalah penyedia pencarian Internet bahasa Mandarin terkemuka.  Baidu bertujuan untuk membuat dunia yang rumit menjadi lebih sederhana bagi pengguna dan perusahaan melalui teknologi.  Perdagangan ADS Baidu di Pasar Pilihan Global NASDAQ dengan simbol "BIDU". Saat ini, sepuluh ADS mewakili satu saham biasa Kelas A.

Kontak
Intlcomm@baidu.com

Foto yang menyertai pengumuman ini tersedia di http://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/38d25b10-48df-481e-8444-5f56723e3475

kunlun