Eidosmedia bermitra dengan Sophi.io untuk otomatisasi cetak yang didukung AI

Kemitraan ini mengintegrasikan teknologi AI milik Sophi.io ke platform editorial Eidosmedia, yang menghadirkan otomatisasi laydown cetak yang didukung ML kepada para pelanggan Eidosmedia


TORONTO, Sept. 30, 2022 (GLOBE NEWSWIRE) -- Eidosmedia, pengembang solusi penerbitan digital untuk grup media berita terkemuka di seluruh dunia, telah bermitra dengan Sophi.io, platform otomatisasi, pengoptimalan, dan prediksi yang didukung AI dan dikembangkan oleh The Globe and Mail, untuk menghadirkan otomatisasi laydown cetak yang lancar kepada para pelanggan Eidosmedia.

Solusi ini menjadikan seluruh proses layout halaman cetak berkurang jauh dari beberapa jam menjadi hanya beberapa menit saja, tanpa menggunakan templat. Penerbit dapat meningkatkan produktivitasnya secara drastis dan memangkas biaya, semuanya di dalam platform Méthode yang saat ini mereka gunakan.

“Kompleksitas layout halaman cetak selama ini belum teratasi dengan kemudahan otomatisasi yang mempercepat penerbitan format online,” ungkap Marco Cetola selaku Direktur Program Penjualan dan Mitra Eidosmedia. “Bagi pelanggan kami, terutama berbagai grup penerbit regional dan nasional besar, edisi cetak terus menjadi sumber pendapatan utama. Ada keinginan yang kuat untuk memangkas waktu dan biaya produksi dalam saluran penerbitan yang penting ini.”

“Kesesuaian antara proses penerbitan edisi cetak kami dengan mesin AI Sophi berjalan dengan sangat baik,” kata Marco. “Kami dapat dengan cepat mulai melatih model penomoran halaman pada layout yang sudah ada, dan kami pun mendapatkan hasil pertama dalam hitungan hari”.

“Peningkatan produktivitas yang diperoleh begitu luar biasa,” ungkap Marco, “terutama untuk publikasi harian karena pengerjaan desain halaman biasanya berpacu dengan waktu.” Bahkan, penomoran halaman edisi cetak setebal 32-halaman yang biasanya diselesaikan dalam beberapa jam dengan menggunakan pengerjaan manual kini menjadi dalam hitungan menit saja.

Otomatisasi cetak yang didukung Sophi jelas berbeda daripada solusi produksi cetak lainnya karena sepenuhnya bebas templat. Fitur ini menggunakan AI cerdas untuk meyakinkan bahwa halaman cetak penerbit terlihat dan terasa seakan-akan diproduksi oleh editor dan desainer halaman yang berpengalaman. Tiap halaman didesain dari awal dengan mengikuti setiap kosakata desain masing-masing merek. Output final berupa PDF siap cetak atau file InDesign yang siap dalam hitungan menit.

Di antara berbagai pihak yang sebenarnya diuntungkan dari adanya teknologi baru ini adalah para desainer halaman. Mereka sudah sejak lama dituntut untuk meningkatkan produktivitasnya karena para penerbit berupaya untuk memangkas biaya. Dengan semakin bertambahnya jumlah halaman yang tidak diiringi dengan jumlah desainer yang mengatur layout membuat pekerjaan ini kerap kali menjadi perlombaan menegangkan yang berpacu dengan waktu. Mesin otomatisasi akan mengambil alih jatah tugas rutin yang dilakukan oleh para desainer sehingga mereka bisa lebih fokus pada halaman depan, fitur, dan layout khusus. Dengan demikian, mereka bisa lebih kreatif dalam memberikan nilai tambah.

“Otomatisasi halaman adalah inovasi terbesar dalam industri penerbitan sejak kehadiran komputer pribadi menggantikan juru ketik,” ungkap Marco.

Gabe Gonda, VP di Sophi.io, berkomentar: “Sophi senang sekali dapat menjalin kemitraan dengan Eidosmedia untuk menghadirkan teknologi otomatisasi cetak kami melalui platform Méthode. Eidosmedia adalah vendor CMS kelas pertama dengan pengetahuan mendalam tentang kebutuhan kliennya yang terus bertambah. Kemitraan ini akan membantu memberikan solusi berharga dan bernilai tinggi ke beberapa penerbit surat kabar terbaik di dunia.”

Tentang Eidosmedia

Eidosmedia (www.eidosmedia.com) adalah pemimpin global dalam manajemen konten dan penerbitan digital. Solusi Eidosmedia digunakan oleh organisasi media berita di seluruh dunia untuk membuat dan menghasilkan portofolio produk berita mulai dari format digital yang canggih hingga surat kabar dan majalah konvensional.

Tentang Sophi Inc.

Sophi.io (https://www.sophi.io) dikembangkan oleh The Globe and Mail untuk membantu penerbit konten mengambil keputusan yang penting, strategis, dan taktis. Platform ini merupakan rangkaian solusi otomatisasi, pengoptimalan, dan prediksi yang didukung AI dan ML yang mencakup Sophi Site Automation, Sophi for Paywalls, dan Sophi for First Party Data. Sophi juga mendukung laydown otomatis sekali klik untuk penerbitan cetak bebas templat. Sophi dirancang untuk meningkatkan metrik yang paling penting bagi bisnis Anda.

 

Contact Data