Studi oleh Iceotope bersama Meta Mengungkap Efisiensi Pendinginan Cairan Perendaman Presisi untuk Drive Penyimpanan dengan Kepadatan Tinggi


  • Studi pertama yang diketahui untuk menguji pendinginan perendaman presisi untuk penyimpanan data dengan kepadatan tinggi berhasil menunjukkan efisiensi
  • Operasi yang nyaris senyap membantu mengatasi masalah getaran akustik yang terkait dengan solusi berpendingin udara
  • Hadirnya HDD berisi helium yang tersegel membuka peluang pendinginan cairan perendaman presisi yang lebih efektif di rak penyimpanan

SHEFFIELD, Inggris Raya, Dec. 02, 2022 (GLOBE NEWSWIRE) -- Iceotope, pemimpin dunia dalam pendinginan perendaman presisi, mengumumkan studi baru bersama Meta yang mengonfirmasi kepraktisan, efisiensi, dan efektivitas pada teknologi pendinginan cairan di tingkat sasis untuk memenuhi kebutuhan pendinginan disk penyimpanan dengan kepadatan tinggi yang terus ditempatkan dan dimanfaatkan oleh operator layanan pusat data hyperscale.

Studi yang baru diterbitkan bersama Meta menunjukkan manfaat dari peningkatan kualitas manajemen termal, berkurangnya getaran, dan pemerataan suhu di semua JBOD, yang secara langsung menyebabkan penurunan tingkat kegagalan dan biaya bagi operator pusat data. Sistem hard drive yang ditempatkan di faktor bentuk rak dalam laci sasis sangat cocok untuk teknologi pendinginan perendaman presisi.

Neil Edmunds, Direktur Inovasi, Iceotope, mengatakan: “Mengingat permintaan penyimpanan data terus meningkat, solusi yang dibutuhkan oleh operator pusat data hyperscale untuk mendinginkan peralatan secara efisien juga akan bertambah. Studi itu menunjukkan bahwa pendinginan cairan untuk penyimpanan dengan kepadatan tinggi berhasil mendinginkan drive pada suhu yang lebih rendah dan konsisten dengan kerusakan drive yang lebih sedikit, TCO lebih rendah, dan peningkatan kepatuhan ESG.”

Proliferasi penyimpanan dengan kepadatan tinggi
Dengan aliran data yang konstan yang berasal dari Internet of Things, video, kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi, hingga 463 exabyte data diperkirakan dihasilkan oleh setiap orang, setiap hari pada tahun 2025. Cara mengakses dan berinteraksi dengan data terus berubah, yang menyebabkan dampak nyata pada pemrosesan dan penyimpanan data tersebut. Hanya dalam beberapa tahun, diperkirakan penyimpanan data global akan melampaui 200 zettabyte yang setengahnya akan disimpan di cloud.

Ini menimbulkan tantangan unik bagi infrastruktur penyimpanan pusat data hyperscale. Menurut Seagate, pusat data cloud memilih hard disk drive (HDD) kapasitas massa untuk menyimpan 90% dari exabyte mereka. HDD yang biasanya ditemukan pada faktor bentuk 3,5 inci merupakan teknologi yang sudah terbukti efektif yang terus memberikan penghematan biaya dalam skala besar bagi operator pusat data. Unit kualitas terbaik saat ini menyediakan kapasitas 20 TB, tapi kapasitas ini diperkirakan akan mencapai >120TB pada akhir dekade ini.

Penyimpanan data yang lebih banyak berarti lebih banyak disk yang berputar, motor dengan kecepatan lebih tinggi, dan aktuator lebih banyak – yang semuanya itu membutuhkan daya lebih besar. Karena konsumsi daya disk semakin bertambah, disk juga cenderung cepat panas. Penggunaan helium dalam enclosure hard drive selama satu dekade terakhir tidak hanya meningkatkan performa disk dengan gesekan lebih minim, tapi dengan unit yang sekarang tersegel, kepraktisan penggunaan solusi pendinginan cairan di tingkat HDD kini dimungkinkan.

Studi dari Meta tentang pendinginan cairan untuk penyimpanan dengan kepadatan tinggi
Studi menunjukkan sistem penyimpanan dengan kepadatan tinggi berpendingin udara yang direkayasa ulang untuk memanfaatkan pendinginan perendaman fase tunggal. Sistem penyimpanan komersial standar terdiri atas tujuh puluh dua hard drive, dua nodus soket tunggal, dua kartu ekspansi SAS, NIC, dan satu papan distribusi daya dalam faktor bentuk 4OU. Hard drive disegel kedap udara, dan diisi gas helium.

Sistem pendinginan cairan yang diuji merupakan sistem pendinginan cairan perendaman presisi Iceotope - versi berpendingin udara yang dimodifikasi dengan penambahan loop dielektrik khusus yang dihubungkan ke pompa dan penukar panas cairan-ke-cairan. Meta melanjutkan untuk mengukur variasi suhu di semua hard drive dan daya pompa pendinginan di sistem berpendingin udara dan berpendingin cairan.

Hasilnya terbukti meyakinkan
Studi ini berhasil menunjukkan pendinginan perendaman presisi merupakan cara yang lebih efisien dalam mendinginkan rak HDD dengan hasil berikut:

  • Dengan menggunakan pendinginan cairan perendaman presisi, variasi suhu di semua 72 HDD hanyalah 3°C, terlepas dari lokasi di dalam JBOD
  • Pendinginan cairan menunjukkan bahwa sistem HDD bisa beroperasi secara andal dalam suhu inlet air rak hingga 40°C.
  • Daya pendinginan di level sistem adalah kurang dari lima persen dari total konsumsi daya.
  • Operasi yang nyaris senyap pada pendinginan cairan ini membantu mengurangi masalah getaran akustik untuk drive yang sering ditemui pada solusi pendinginan udara.

Kendati perendaman presisi diketahui menjadi alternatif yang unggul daripada berbagai disk dengan kepadatan tinggi dan pendinginan udara, bentuk pendinginan cairan lainnya, termasuk pelat dingin, perendaman tangki, atau perendaman dua fase, tidak memberikan manfaat operasional, seperti kepadatan HDD, akses pengguna untuk kemudahan servis, dan kemampuan melepas pasang drive tanpa mematikan sistem pada tingkat yang sama.

Untuk mengunduh salinan studi ini, silakan buka https://www.iceotope.com/company/news-events/iceotope-study-with-meta-reveals-efficiency-of-precision-immersion-liquid-cooling-for-high-density-storage-drives/

Tentang Iceotope
Teknologi perendaman presisi level sasis dari Iceotope menawarkan platform terpadu yang sederhana yang mendinginkan, melindungi, dan memantau seluruh IT stack di lokasi mana pun dari edge yang ekstrem hingga cloud hyperscale.

Solusi pendinginan perendaman presisi dari Iceotope yang menawarkan pengurangan air hingga 96%, pemangkasan daya hingga 40%, dan penurunan emisi karbon hingga 40% per kW ITE, merupakan terobosan dalam desain, pembuatan, dan operasional pusat data.

Kunjungi www.iceotope.com

Foto yang menyertai pengumuman ini tersedia di https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/6486f5eb-174b-4e32-9a1f-9164cba2fb53

 
Meta Precision Immersion Cooled HDD

Contact Data