MasterControl Meraih $150 juta dalam Putaran Pendanaan Seri A dari Sixth Street Growth dengan Valuasi $1,3 miliar

Setelah mencapai ARR $100+ juta dengan cara internal, putaran pendanaan pertama perusahaan akan digunakan untuk mempercepat pengembangan produk untuk penawaran SaaS QMS dan MES


SALT LAKE CITY, Dec. 16, 2022 (GLOBE NEWSWIRE) --  MasterControl, penyedia solusi perangkat lunak manufaktur dan manajemen mutu terkemuka untuk ilmu hayati, hari ini mengumumkan pendanaan pertamanya, putaran Seri A sebesar $150 juta yang dipimpin oleh Sixth Street Growth. MasterControl telah tumbuh secara menguntungkan selama hampir 30 tahun, dan dengan pendanaan ini mencapai valuasi $1,3 miliar. Hasil pendanaan ini akan digunakan untuk mempercepat pengembangan solusi SaaS yang melayani pelanggan ilmu hayati global perusahaan, termasuk Pfizer, Cochlear, Thermo Fisher Scientific, dan lebih dari 1.100 pelanggan lain di seluruh dunia.

“Selama hampir tiga dekade, kami telah fokus sepenuhnya pada misi kami untuk menyediakan produk yang mengubah kehidupan kepada lebih banyak orang dengan lebih cepat. Komitmen ini telah menuntun kami untuk mengikis habis ketidakefisienan dalam manajemen mutu dan manufaktur yang mencakup siklus riset dan penyajian produk. Kami melihat kebutuhan mendesak untuk membantu pelanggan kami dalam menyajikan teknologi yang penuh gebrakan kepada pasar dengan lebih cepat, tetapi berbiaya lebih rendah,” ungkap Jon Beckstrand, CEO MasterControl. “Tujuan kami adalah menambahkan mitra strategis dengan sumber daya dan keahlian untuk membantu kami memenuhi kebutuhan signifikan untuk solusi kami. Kami beruntung memiliki tim investasi berpengalaman di Sixth Streeth Growth untuk membantu mewujudkannya menjadi kenyataan.”

MasterControl akan menggunakan pembiayaan untuk terus membangun dan meningkatkan mutu solusinya sekaligus juga lebih fokus pada teknologi yang akan memprediksi dan mencegah masalah mutu serta memungkinkan optimisasi manufaktur yang nyata dengan bantuan AI. Investasi dalam teknologi baru seperti AI, pembelajaran mesin, dan pemrosesan bahasa alami akan meningkatkan hasil bisnis pelanggan serta mengurangi biaya dan waktu kepatuhan, dan pelayanan berbelit-belit birokrasi sehingga dapat menyajikan produk yang mengubah kehidupan kepada pasien dalam jangka waktu yang sebelumnya mustahil.

Sebelum menjalani pendanaan, MasterControl menggunakan cara sendiri untuk memperoleh dana internal ARR sebesar lebih dari $100 juta dengan pertumbuhan YoY sejauh ini lebih dari 25%. Setelah melakukan ekspansi yang menggegerkan pasar sistem eksekusi manufaktur (MES) senilai $17 miliar melalui peluncuran Manufacturing Excellence pada tahun 2019, MasterControl telah menarik lebih dari 100 pelanggan baru di pasar MES serta mengalami pertumbuhan penjualan lebih dari 100% setiap tahunnya. Dengan pelanggan yang berasal dari setengah daftar 50 perusahaan farmasi dan alat medis teratas, MasterControl bersiap untuk memasuki pasar baru yang berdekatan dengan segmen inti farmasi dan alat medis, seperti pengembangan dan manufaktur sesuai kontrak, pengobatan personal, serta terapi sel dan gen.

“MasterControl adalah pemimpin SaaS yang membantu memperkuat transisi digital industri manufaktur dan memastikan bahwa ilmu hayati dan organisasi lainnya yang diatur menyajikan produk teraman kepada konsumen secepat mungkin,” ungkap Nari Ansari, Managing Director di Sixth Street Growth. “Perusahaan ini memiliki model bisnis yang sudah terbukti, tim pemimpin yang berprestasi, basis klien yang berpengaruh, dan rekam jejak pertumbuhan yang solid. Kami merasa terhormat dapat menjadi investor eksternal pertama perusahaan serta menantikan untuk mendukung kesuksesannya yang berkelanjutan.”

William Blair bertindak sebagai penasihat untuk Sixth Street Growth sehubungan dengan investasi. Untuk informasi selengkapnya tentang MasterControl, silakan kunjungi www.mastercontrol.com.

Tentang MasterControl
MasterControl adalah penyedia perangkat lunak manufaktur dan manajemen mutu berbasis cloud yang terkemuka untuk ilmu hayati dan industri lainnya yang diatur. Selama tiga dekade, misi kami tetap sama seperti misi pelanggan kami, yaitu menyediakan produk yang mengubah kehidupan kepada lebih banyak orang dengan lebih cepat. MasterControl membantu organisasi mendigitalkan, mengotomatiskan, serta menghubungkan proses manajemen mutu dan manufaktur. Alat inovatif MasterControl memiliki rekam jejak yang sudah teruji untuk meningkatkan mutu produk, mengurangi biaya, serta mempercepat waktu penyiapan produk. Lebih dari 1.100 perusahaan di seluruh dunia menggunakan solusi MasterControl untuk menyederhanakan operasi, mempertahankan kepatuhan, dengan mudah menganalisis dan menafsirkan data dalam jumlah besar, serta memvisualiasikan analisis bisnis secara real time. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.mastercontrol.com.

Tentang Sixth Street Growth
Sixth Street Growth melakukan investasi swasta pada perusahaan dengan pertumbuhan di tahap menengah dan akhir. Tim Sixth Street Growth bermitra dengan pendiri dan tim manajemen untuk menyediakan solusi modal yang berbeda guna mempercepat pertumbuhan organik dan non-organik. Sixth Street Growth adalah platform investasi pertumbuhan khusus dari Sixth Street, perusahaan investasi global terkemuka dengan lebih dari $60 miliar dalam bentuk dana kelolaan dan modal yang disepakati. Sixth Street telah menginvestasikan lebih dari $9 miliar di lebih dari 70 perusahaan melalui waralaba Growth-nya sejak berdiri. Investasi pilihan Sixth Street Growth termasuk Airbnb, AvidXchange, ConcertAI, Contentsquare, Datavant, Gainsight, Heap, MDLIVE, Spotify, dan Sprinklr. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sixthstreetgrowth.com, dan ikuti Sixth Street di LinkedIn, Twitter, dan Instagram.

Kontak Media:
Jennifer Sefakis
MasterControl
jsefakis@mastercontrol.com
+1-801-560-9608

Patrick Clifford

Sixth Street Growth
pclifford@sixthstreet.com
+1-646-906-4339