Dunia kini membutuhkan solusi mendesak untuk mengatasi permasalahan merokok: para pakar berkumpul di Polandia di Forum Nikotin Global


WARSAWA, Polandia, June 20, 2023 (GLOBE NEWSWIRE) -- Spesialis kesehatan masyarakat dunia, ilmuwan, dokter, badan pengatur, konsumen, dan produsen berkumpul minggu ini di ibu kota Polandia untuk mendiskusikan berbagai cara dalam mengatasi kasus kematian dan penyakit terkait merokok di tingkat global. Selama empat hari, 70 pembicara dan ratusan delegasi di Forum Nikotin Global tahunan kesepuluh (21 - 24 Juni) akan berfokus pada pengurangan bahaya tembakau, yang menganjurkan kepada orang dewasa yang sulit berhenti merokok untuk beralih ke produk nikotin yang lebih aman.

Meskipun upaya pengendalian tembakau telah berlangsung selama beberapa dekade, satu miliar penduduk dunia hingga kini masih merokok, dengan delapan juta kasus kematian terkait merokok setiap tahunnya. Empat dari lima perokok yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah sangat sulit untuk menghadapi beban penyakit yang terjadi akibat merokok. Merokok juga merupakan penyebab utama ketimpangan kesehatan di negara yang berpenghasilan lebih tinggi. Ribuan toksin yang dilepaskan saat tembakau dibakar menyebabkan penyakit terkait merokok, bukan nikotin, yang merupakan zat yang berisiko relatif rendah.

Vape (rokok elektrik), snus yang dipasteurisasi, kantong nikotin, dan produk tembakau yang dipanaskan memudahkan orang-orang untuk menggunakan nikotin tanpa perlu membakar tembakau sehingga secara signifikan mengurangi risiko kesehatan daripada terus-menerus merokok. Diperkirakan 112 juta penduduk dunia menggunakan produk-produk seperti ini, meskipun ada peraturan yang tidak konsisten dan larangan total di beberapa negara. Prevalensi merokok menurun lebih cepat jika produk-produk ini tersedia dan diatur dengan semestinya, seperti di Inggris, Swedia, Jepang, dan Selandia Baru.

GFN23 akan mengatasi peluang dan tantangan pengurangan bahaya tembakau, termasuk perkembangan sistem peraturan yang memudahkan perokok dewasa untuk mengakses produk yang lebih aman sekaligus mengurangi tingkat konsumsi rokok di kalangan remaja. Sesi-sesi yang ditayangkan melalui live streaming secara gratis terbuka untuk semua kalangan dan diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Spanyol dan bahasa Rusia. Sesi ini akan membahas sains seputar produk nikotin yang lebih aman dan khasiatnya dalam menghentikan merokok selama satu dekade terakhir, dampak lingkungan dari produk yang lebih aman dibanding rokok yang dibakar, serta dampak buruk dari sikap moral dan ideologi tentang sains dan peraturan.

Meskipun mendukung pengurangan bahaya untuk pencegahan HIV/AIDS dan penggunaan zat, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) nyatanya menentang pengurangan bahaya untuk tembakau. Para pakar Iberia-Amerika di GFN23 akan mendiskusikan Konvensi Kerangka Kerja WHO untuk Pengendalian Tembakau COP10 di Panama berikutnya pada bulan November ini. Di sana, keputusan tentang masa depan produk nikotin yang lebih aman mungkin memiliki implikasi sangat serius untuk kesehatan masyarakat dunia.

Menjelang GFN23, Gerry Stimson, Profesor Emeritus di Imperial College London dan pemrakarsa bersama acara itu, menyerukan kepada para pimpinan pengendalian tembakau internasional untuk mengadopsi pendekatan yang rasional dan pragmatis yang memprioritaskan penyelamatan nyawa: “Ideologi harus dikesampingkan dan masyarakat harus didukung agar berhenti merokok dengan semua metode yang tersedia.”

Forum Nikotin Global (GFN) adalah satu-satunya konferensi internasional yang difokuskan pada peran produk nikotin lebih aman yang membantu masyarakat beralih dari merokok, dalam suatu pendekatan yang disebut pengurangan bahaya tembakau. Cari tahu selengkapnya dan daftarkan diri Anda untuk menonton sesi online secara gratis di https://gfn.events/

Foto yang disertakan pada pengumuman ini tersedia di: https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/feaca847-b6e8-4140-9da8-e5658737df26 

 
GFN23

Contact Data