SAP Fioneer meluncurkan penawaran perbankan bagi pelaku UKM untuk memenuhi kebutuhan mereka


WALLDORF, Jerman, June 28, 2023 (GLOBE NEWSWIRE) -- SAP Fioneer, selaku penyedia solusi dan platform perangkat lunak layanan keuangan global terkemuka, telah mengumumkan peluncuran Fioneer SME Banking Edition, yang ditujukan bagi para pelaku UKM. Dengan adanya solusi baru ini, bank dan neobank akan dapat menawarkan kemampuan perbankan dalam pendekatan yang mengutamakan aspek digital dan berbasis data, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan keuangan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM)–segmen pasar yang selama ini kurang terlayani.

Sektor UKM merupakan komponen penting dalam ekonomi global karena 99% dari bisnis Inggris dan UE, masing-masing, mempekerjakan sekitar 16,4 juta dan 84 juta orang.* Meskipun merupakan bagian yang signifikan dari PDB dan tenaga kerja, pelaku di sektor UKM sering kali harus melakukan upaya lebih untuk dapat mengakses layanan keuangan yang memenuhi kebutuhan spesifik mereka karena persepsi risiko dan biaya terkait dianggap terlalu tinggi.

Fioneer SME Banking Edition mengatasi berbagai tantangan ini dengan menghubungkan bank ke sumber data eksternal, seperti Open Banking, registrasi perusahaan pusat, e-niaga, dan data Enterprise Resource Planning (ERP) untuk membentuk wawasan yang dapat ditindaklanjuti sehingga dapat secara signifikan membantu UKM untuk tetap menjadi yang terdepan. Bagi para pelaku UKM, solusi yang ditawarkan oleh SAP ini akan dapat memberikan transparansi yang jelas terkait arus kas dan memberikan wawasan kepada bank, serta memungkinkan, misalnya opsi pendanaan cerdas, menawarkan lebih banyak variasi dan meningkatkan jumlah usaha yang dapat dilayani bank.

Sebagai suatu solusi menyeluruh yang fungsional, Fioneer SME Banking Edition mencakup kemampuan front-to-back dan terintegrasi dengan sistem perbankan inti apa pun tanpa halangan sama sekali. Dengan hadirnya solusi ini juga, bank dapat menawarkan berbagai layanan lain sehingga tidak terpaku hanya pada produk perbankan tradisional, seperti pinjaman dan simpanan. Hal ini juga akan berdampak positif pada makin luasnya penawaran yang diberikan oleh bank melalui layanan terintegrasi dan nasihat keuangan yang lebih kuat secara langsung untuk para pelaku UKM. Solusi ini juga dapat dengan mudah diintegrasikan dan terhubung ke berbagai ekosistem melalui API yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Charlie Platt, selaku Direktur Eksekutif Perbankan di SAP Fioneer, memberikan komentarnya terkait peluncuran solusi, “UKM mewakili sumber kehidupan ekonomi, dan perannya sangat penting karena memungkinkan para pelaku usaha dalam skala ini untuk mengakses layanan keuangan yang layak mereka dapatkan. Melalui SME Banking Edition kami, bank akan mampu menghadirkan pengalaman perbankan yang layak secara komersial, eksklusif, dan lebih baik bagi para pelaku UKM sehingga dapat membantu mereka tetap menjadi yang terdepan dalam lingkungan ekonomi yang penuh tantangan.”

“Pengenalan Fioneer SME Banking Edition secara signifikan akan memperkuat cara bank berinteraksi dengan para pelaku UKM. Dengan memanfaatkan teknologi kami yang telah terbukti, kami memfasilitasi bank untuk melayani para pelaku UKM dengan lebih baik dalam lanskap ekonomi yang dinamis. Dengan inspirasi yang kami peroleh dari pasar B2C, kami memberikan kewenangan kepada bank untuk meningkatkan penawaran layanan mereka bagi sektor UKM,” tambah Dirk Kruse, CEO SAP Fioneer.

*Perkiraan populasi bisnis untuk Inggris Raya dan wilayahnya 2022 (Pemerintah Inggris Raya), Statista 2022

Tentang SAP Fioneer

SAP Fioneer diluncurkan pada 2021 sebagai usaha patungan antara pemimpin teknologi global SAP dan investor wirausaha Dediq untuk menjadi penyedia solusi dan platform perangkat lunak layanan keuangan terkemuka di dunia. Dengan ekosistem mitra yang luas, lebih dari 800 pelanggan layanan keuangan dan lebih dari 1.000 karyawan, SAP Fioneer merupakan suatu bisnis global yang hadir di 17 negara di seluruh Eropa, Amerika Utara dan Latin, Timur Tengah, dan Asia-Pasifik.

Kecepatan dan ketangkasan dari sebuah perusahaan rintisan yang digabungkan dengan kemampuan nyata dari perusahaan perangkat lunak terbaik di kelasnya, SAP Fioneer memungkinkan bank, perusahaan asuransi, dan kompetitor untuk menjalankan, mengubah, dan bertumbuh sekaligus memenuhi kebutuhan mereka akan kecepatan, skalabilitas, dan efisiensi biaya melalui inovasi bisnis digital, teknologi cloud, dan solusi yang mencakup proses perbankan dan asuransi menyeluruh.

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.sapfioneer.com. Ikuti SAP Fioneer di Twitter dan LinkedIn.

Pertanyaan media:
press@sapfioneer.com