Solusi Pemasaran Seluler CleverTap menjadi yang Pertama Memasuki Segmen Psikografis, Didukung oleh Pembelajaran Mesin

Mesin segmentasi kuat dari CleverTap mengubah cara pemasar mewujudkan janji untuk mempertahankan pengguna seumur hidup


SAN FRANCISCO, July 05, 2018 (GLOBE NEWSWIRE) -- Platform pemasaran seluler terkemuka, CleverTap, hari ini mengumumkan bahwa kini telah memasuki bidang segmentasi psikografis yang menetapkan standar baru untuk mengelompokkan pengguna aplikasi seluler. Segmentasi psikografis adalah kemampuan pembelajaran mesin industri pertama yang menjadi dasar dari apa yang dilakukan oleh CleverTap - yaitu membantu pemasar pertumbuhan mewujudkan janji pemasaran relasional.

Terlepas dari kenyataan bahwa kita hidup di zaman penuh dengan data, pengguna seluler saat ini memiliki harapan menerima informasi yang tepat dengan konteks yang juga tepat. Alat pemasaran seluler yang ada membantu membagi pengguna berdasarkan demografi, teknografi, lokasi, dan perilaku aplikasi. Namun, sikap pengguna tidak selalu menceritakan apa yang benar-benar mereka minati. Perilaku dan minatnya sering berubah, berdasarkan musim, perhelatan olahraga, dan urusannya masing-masing. Tindakan dapat menjadi salah satu dari perilaku atau pembelian sesekali.

Mengidentifikasi segmen-segmen mikro pengguna berdasarkan perubahan kebutuhan dan upaya pemasaran pokok lebih penting dalam menciptakan ketepatan waktu, konteks, dan relevansi. Dari banyaknya interaksi yang dilakukan pengguna dengan suatu merek, pemasar harus mengenali mana yang menggambarkan minat mereka yang paling kuat. Misalnya, suatu hari menonton film laga tidak lantas menunjukkan bahwa mereka penggemar film laga. Yang paling diminati pengguna tersebut mungkin saja komedi dan rekomendasi untuk konten tersebut haruslah mewakili minat utama ini.

Hal ini menjadi lebih menantang saat Anda memiliki ratusan atau jutaan pengguna, sehingga mustahil untuk menyelesaikan pesan kontekstual dalam skala besar. Dengan memanfaatkan kemampuan pembelajaran mesin, CleverTap memanfaatkan kemampuan segmentasi psikografis untuk memproses jutaan titik data di seluruh basis pengguna untuk menentukan segmen mikro khalayak. Dengan menentukan kecenderungan atau persamaan terhadap satu hal di atas hal lainnya, hal ini membantu membentuk kecocokan yang efektif antara produk dan setiap minat dominan pengguna.

Dengan segmentasi psikografis, pemasar dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna dan memprediksi produk atau pesan apa yang paling sesuai dengan segmen mikro. Mereka dapat menemukan cara yang akurat dan lebih intuitif dalam memahami bagaimana kebiasaan pengguna menggunakan aplikasi mereka. Hal ini memungkinkan mereka menjalankan kampanye sasaran dan secara signifikan meningkatkan peluang konversi.

Pemasar hebat mencari keberhasilan dengan segmentasi psikografis CleverTap untuk membantu mereka mengidentifikasi cara paling cerdas untuk melibatkan pengguna di sepanjang perjalanan pelanggan mereka. Misalnya, mencari pengguna yang kemungkinan besar membeli tempat duduk terbatas di bioskop berdasarkan genre minat mereka dan melihat preferensi waktunya. Dengan segmentasi psikografis, pemasar kini dapat memberikan penawaran terbaik kepada pengguna yang paling mungkin mendapatkan nilai di dalamnya dan memastikan bahwa inventaris produk mereka menemukan pembeli paling optimalnya.

“Segmentasi psikografis berbasis minat adalah terobosan signifikan yang melengkapi pemasar dalam menyasar konten yang jauh lebih relevan kepada pengguna berdasarkan perilaku dominan atau signifikan mereka. Dalam penggunaan awal, rasio keterlibatan dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan keterlibatan dengan segmen perilaku. Konten dan waktu jauh lebih baik dan pengguna lebih menunjukkan reaksi,” ujar Sunil Thomas, Chief Executive Officer CleverTap.

CleverTap memiliki sejumlah kantor di San Francisco, New York, Los Angeles, Mumbai, dan Bangalore. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web CleverTap. Untuk mengetahui bagaimana semua ukuran bisnis membangun hubungan pelanggan menjadi lebih berarti, kunjungi halaman pelanggan kami.

Tentang CleverTap
CleverTap membantu merek konsumen mempertahankan penggunanya seumur hidup. CleverTap menjadi solusi pemasaran seluler yang kuat yang menyatukan data pengguna baik dari saluran online ataupun offline pada satu platform terpusat. Setiap hari, ribuan merek memanfaatkan model pembelajaran mesin CleverTap untuk mengatur strategi keterlibatan pelanggan yang berbeda yang membantu pemasar menggerakkan pertumbuhan multikanal. Membangun hubungan pelanggan yang berharga menggunakan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan langsung yang membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Lebih dari 4.000 merek global, termasuk Star, Sony, Vodafone, Domino, DC Comics, BookMyShow, dan DealsPlus, memercayai CleverTap dalam membantu mereka terhubung dengan pengguna dan mengembangkan aplikasi selulernya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang CleverTap, kunjungi clevertap.com atau ikuti di Facebook dan Twitter.

Kontak Pers
Ketan Pandit
Humas CleverTap
ketan@clevertap.com