Johnson Matthey sukses menjalankan komisioning pabrik metanol terbesar di Tiongkok


LONDON, June 24, 2020 (GLOBE NEWSWIRE) -- Johnson Matthey (JM) mengumumkan bahwa Ningxia Baofeng Energy Group di Tiongkok berhasil menjalankan pabrik metanol berkapasitas 6600 mtpd di kompleks mereka yang memiliki kemampuan produksi batu bara menjadi olefin (CTO) sebesar 600 kta dekat Yinchuan di Provinsi Ningxia, Tiongkok, menggunakan katalis dan teknologi pemrosesan JM. Dengan produksi metanol terbesar di dunia, pabrik baru ini mampu memberikan hasil maksimal begitu pertama kali dioperasikan.

Komisioning pabrik ini menjadi tonggak keberhasilan setelah kedua perusahaan menjalin kerja sama selama dua tahun.  Kegiatan ini dipimpin oleh spesialis internal dari tim JM di Beijing dan, karena situasi COVID-19, dukungan jarak jauh diberikan oleh tim dari Inggris.

Acara ini menandai pengoperasian pabrik ke-7 JM dengan kapasitas produksi di atas 5500 mtpd di Tiongkok, sekaligus menjadi proyek metanol pertama JM yang seluruhnya menggunakan konverter dan kompresor penghasil uap radial buatan Tiongkok. Pabrik produsen metanol hasil desain JM ini menggunakan gas sintetis sebagai feed dan memanfaatkan katalis canggih JM untuk membuat metanol stabil yang dipakai sebagai bahan baku olefin di unit hilir.

Kontrak untuk pabrik baru ini telah diserahkan kepada JM oleh Ningxia Baofeng Energy Group pada 2017 lalu dan mencakup izin untuk bagan alir sintesis metanol 2200 kta, dukungan teknis terkait, tinjauan teknis, pemdampingan komisioning, dan katalis. Pabrik ini merupakan hasil rancangan JM kedua yang dilisensikan kepada Ningxia Baofeng Energy setelah unit sintesis metanol Baofeng yang dirilis pada 2014. Capaian ini menjadi bukti keunggulan teknis JM dalam pasar pertumbuhan utama serta loyalitasnya terhadap mutu dan standar tertinggi.

“Proyek ini merupakan gabungan teknologi pemrosesan paling canggih di dunia dan unit pengolahan domestik batu bara menjadi bahan kimia”, kata Liu Yuanguan, Presiden Baofeng Energy, “unit ini merupakan pabrik metanol terbesar untuk unit pengolahan tunggal dengan keunggulan menyeluruh berupa efisiensi sintesis dan energi yang tinggi serta OPEX dan emisi rendah sehingga tak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga memberikan nilai jangka panjang.”

“Selamat kepada Ningxia Baofeng Energy Group atas keberhasilannya meluncurkan pabrik metanol baru yang inovatif ini. Kami bangga dapat menjadi bagian dari kerja sama ini”, ujar John Gordon, Direktur Utama Johnson Matthey, “komisioning pada masa seperti ini menjadi bukti pengabdian dan dedikasi tim kami. Ini menjadi bukti komitmen dan reputasi Johnson Matthey dalam menghadirkan pabrik metanol berskala besar dan efisien”.

Johnson Matthey merupakan perusahaan terdepan di kancah global dalam bidang ilmu pengetahuan, yang selalu mendukung dunia yang lebih bersih dan lebih sehat. Selama lebih dari 200 tahun, Johnson Matthey terus berkomitmen dalam inovasi dan terobosan teknologi dengan meningkatkan kinerja, fungsi, dan keamanan produknya bagi pelanggan. Kiprahnya di bidang ilmu pengetahuan berdampak global dalam berbagai hal, seperti transportasi rendah emisi, obat-obatan, hingga pemrosesan bahan kimia, serta menjaga efisiensi konsumsi sumber daya alam. Kini, ada lebih dari 14.000 profesional Johnson Matthey yang bekerja sama dengan jaringan pelanggan dan mitra demi menciptakan perbedaan di dunia sekitar kita. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, kunjungi www.matthey.com

Inspiring science, enhancing life

Ningxia Baofeng Energy didirikan pada tahun 2005 dan hingga saat ini menjadi perusahaan swasta terbesar di Tiongkok yang mengolah batu bara menjadi olefin. Saham Baofeng Energy terdaftar di Bursa Efek Shanghai dengan kode saham SH.600989. Sentra produksi perusahaan ini berada di pusat energi & bahan kimia nasional, Ningdong Energy & Chemical Base, di barat laut Tiongkok dan mengandalkan distribusi energi dari Tiongkok, yang ‘Rendah migas, tetapi batu bara melimpah’. Pabrik ini memanfaatkan keunggulan sumber daya batu bara lokal untuk menciptakan rantai produk ‘batu bara - kokas - metanol - olefin - bahan kimia halus’ di kompleks pemrosesan bahan kimia seluas 14.000 hektar di Ningdong. Kompleks ini sekarang mampu memproduksi poliolefin sebanyak 1.200 kt/a, metanol sebanyak 4.000 kt/a, batu arang sebanyak 4.000 kt/a, dan bahan kimia halus sebanyak 780 kt/a, menjadikannya perusahaan terdepan dalam industri pembuatan material berbahan baku batu bara yang paling terintegrasi dan ramah lingkungan. Baofeng akan fokus pada produksi poliolefin dan menggunakan energi baru di bidang industri kimia baru bara modern sekaligus menjadi perintis dalam pengembangan kimia batu bara modern.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan hubungi:

Alan Ingham
Jennifer Rennick
Zhang Yuanyuan
Commercial Licensing Manager di JM
Marketing Lead di JM
Kontak media di Ningxia Baofeng Energy
+44 20 7957 3148
+1 732 223 4644
+86 13301101975